Queer GirL











{22 November 2009}   Contoh StoryBoard Media Pembelajaran

Kompetensi Dasar :       2.2 Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Indikator :       2.1.1        Mengidentifikasi layanan yang ada di internet

2.1.2        Mengidentifikasi manfaat layanan internet

Uraian Materi                       :

  1. 1. E-mail

1.1 Pengertian Email

Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail, kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah e-mail itu dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan e-mail tersebut.

Keuntungan lain dari mengirimkan e-mail adalah kemampuan e-mail untujk dikirimkan kepada banyak penerima sekaligus. Sesuai dengan namanya, e-mail dikirim secara elektronik. Hal ini menyababkan e-mail yang dikirimkan dapat dikopi dengan mudah, kemudian hasil kopian tersebut dikirimkan ke banyak orang sekaligus. Hal ini akan lebih sulit dilakukan dan membutuhkan biaya yang relatif lebih besar jika menggunakan surat biasa.

Sebagai sarana mengirimkan surat, e-mail mempunyai fasilitas untuk mneyertakan lampiran-lampiran. Hanya saja lampiran-lampiran yang disertakan dalam e-mail haruslah berbentuk file-file komputer. File yang dilampirkan dalam sebuah e-mail dikenal dengan istilah file attachment. File-file attachment dari sebuah e-mail dapat berupa apa saja, termasuk file dokumen(.doc), Excel(.xls), program(.exe), gambar(.jpg), dan sebagainya.

Dilihat dari layanan yang idberikan , ada tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara lain(1) POP mail,(2) email berbasis web dan(3) e-mail forwading.

 

  1. POP Mail

POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.

Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline(tidak terhubung ke internet). Sedangkan kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat.

 

  1. E-mail berbasis web

E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo,Hotmail,BolehMail,LoveMailk,plasa.com, dan lain-lain. Klebihan e-mail ini yaitu diberika secara gratisan oleh website yang bersangkutan. Sedangkan kekurangannya adalah kita bisa membaca e-mail hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar.

 

  1. E-mail forwading

E-mail forwading adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. Kelebihan e-mail forwading adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu member tahu alamat e-mail yang baru. Kita cukup memberikan alamat e-mail forwadingnya.

Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat yang lain, e-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

 

1.2 Etika Mengirimkan E-mail

Bentuk komunikasi lewat e-mail berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang kita kenal selama ini. Komunikasi biasa mempunyai etika sendiri, demikian juga berkomunikasi dengan e-mail. Beberapa etika mengirim e-mail yang perlu kita terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Salam Pembuka
  2. Perkenalkan diri
  3. Langsung ke pokok masalah
  4. Jawablah semua pertanyaan
  5. Lakukan Pengediatan
  6. Gunakan subjek yang sesuai
  7. Mengatur prioritas
  8. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
  9. Jangan memneruskan e-mail berantai

10. Hormati privasi orang lan

11. Jangan melakukan spam

12. Gunakan hurup besar seperlunya

13. Hati-hatii bila menggunakan singkatan dan ikon emosi

14. Bersabarlah menunggu balasan e-mail

15. Ketertarikan yang berbeda

16. Jangan lampirkan file yang tidak perlu

17. Buatlah layout yang baik

  1. 2. Mailing List

Mailing list atau sering disebut milis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri, yang disebut alamat milis. Setiap e-mail yang dikirimkan ke sebuah alamat milis akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Milis merupakan bentuk lain dari e-mail. Karena itu, sifat-sifat milis sama dengan e-mail. Bedanya, alamat milis merupakan kumpulan dari alamat-alamat e-mail. Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang yang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya. Milis bisa menjadi tempat untuk berdiskusi, berbagi cerita, dan sebagainya bagi orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Di internet ada banyak website yang menyediakan jasa layanan milis, diantaranya PlasaGroups, YahooGroups, dan sebagainya.

2.1 Etika dalam Milis

Terdapat beberapa kesalahan pelanggaran etika milis yang sering dilakukan.

  1. Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topic
  2. Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
  3. Posting ke milis padahal seharusnya japri
  4. Mengirim ulang e-mail
  5. Memposting topic yang tidak pada tempatnya.

 

 

STORYBOARD :

Judul : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Home

 

Panduan/Arahan
  • G1 : Gambar amplop surat dan komputer yang dianimasikan yang saling berhubungan menandakan pengiriman pesan melalui komputer (G1).
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan pertama yang muncul adalah page home dimana terdapat beberapa tulisan yaitu:

  1. Header  utama yang bertuliskan ”E-MAIL DAN MAILING LIST”
  2. Frame kiri bawah kedua bertuliskan materi yang akan dibahas dimana tulisannya berupa link menuju halaman yang akan dituju.Seperti ketika klik link:

a.  ”Pengertian e-mail” maka kemudian frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi pengertian e-mail

b.   ”Memebuat e-mail account makan frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi  pembuatan e-mail account.

c.  ”Etika mengirim e-mail” makan frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi etika dalam mengirim e-mail

d.  ” Pengertian Mailing List” maka frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi pengertian dari mailing list.

e.  ”Membuat mailing list” maka frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi pembuatan mailing list.

  1. ”Etika Mailing List” maka frame kanan bawah akan berubah menjadi halaman yang berisi materi pembuatan mailing list.
  2. Frame kanan bawah berisi gambar amplop surat dan komputer
Teks -
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Membuat e-mail account

- Etika mengirim e-mail

- Pengertian mailing list

- Membuat mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Pengertian E-mail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Pengertian E-mail maka muncul halaman ”Pengertian E-mail” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi pengertian e-mail yang ditandakan dengan T1
Teks T1: Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Keuntungan lain dari mengirimkan e-mail adalah kemampuan e-mail untujk dikirimkan kepada banyak penerima sekaligus. Sesuai dengan namanya, e-mail dikirim secara elektronik. Hal ini menyababkan e-mail yang dikirimkan dapat dikopi dengan mudah, kemudian hasil kopian tersebut dikirimkan ke banyak orang sekaligus
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Membuat e-mail account

- Etika mengirim e-mail

- Pengertian mailing list

- Membuat mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

Judul : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Membuat E-mail Account

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Membuat E-mail Account” maka muncul halaman ”Membuat E-mail Account” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi membuat e-mail account yang ditandakan dengan T2 kemudian terdapat gambar-gambar yang menerangkan tutorial membuat e-mail account dengan G3.
Teks T2: Membuat e-mail account sangatlah mudah, kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh situs layanan e-mail tersebut. Biasanya dalam pembuatan account e-mail kita hanya diminta mengisi page yang isinya seperti formulir pendaftaran untuk ikut suatu organisasi. Dengan mengikuti dan mengisi form yang ada dan mengklik sign up, maka kita sudah memiliki alamat e-mail dari situs tersebut. Tentunya situs e-mail gratis karena tidak menuntut kita untuk membayar.
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Etika mengirim e-mail

- Pengertian mailing list

- Membuat mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

 

Judul                       : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Etika Mengirim E-mail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Etika Mengirim E-mail” maka muncul halaman ”Etika mengirim e-mail” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi Etika mengirim email yang ditandakan dengan T3
Teks T3: Beberapa etika mengirim e-mail yang perlu kita terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Salam Pembuka
  2. Perkenalkan diri
  3. Langsung ke pokok masalah
  4. Jawablah semua pertanyaan
  5. Lakukan Pengediatan
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Membuat e-mail account

- Pengertian mailing list

- Membuat mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

Judul                       : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Pengertian Mailing List

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Pengertian Mailing List” maka muncul halaman ” Pengertian Mailing List” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi Pengertian Mailing List yang ditandakan dengan T4
Teks T4: Mailing list atau sering disebut milis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri, yang disebut alamat milis. Setiap e-mail yang dikirimkan ke sebuah alamat milis akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis merupakan bentuk lain dari e-mail. Karena itu, sifat-sifat milis sama dengan e-mail. Bedanya, alamat milis merupakan kumpulan dari alamat-alamat e-mail. Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang yang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya.
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Membuat e-mail account

- Etika mengirim e-mail

- Membuat mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

Judul                       : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Pengertian Mailing List

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Membuat Mailing List” maka muncul halaman ”Membuat Mailing List” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi Membuat mailing list yang ditandakan dengan T5.
Teks T5: Membuat mailing list hampir sama dengan membuat e-mail, kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang disediakan lalu mengisi form-form yang ada.
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Membuat e-mail account

- Etika mengirim e-mail                                                                                                          G1

- Pengertian mailing list

- Etika mailing list

Previous Link -
Next Link -

 

 

 

 

Judul                       : Email dan Mailing List
Nama Frame            : Etika Mailing List

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan/Arahan
  • G2 : Terdapat pula media box yang bisa memutar lagu berinstrumen lembut. Kita dapat memutar dan menghentikan lagu yang ada.
  • Setelah di klik link ”Etika mailing List” maka muncul halaman ”Etika Mailing List” di frame kanan bawah.
  • Jenis Font dari teks yang digunakan yaitu Impact
  • Warna font dari teks yang digunakan macam-macam agar terlihat menarik
  • Background gambar polos berwarna
Arahan Pemrograman Tampilan yang muncul hampir sama seperti pada frame home namun terdapat perbedaan pada frame kanan bawah dimana menampilkan materi Etika mailing list yang ditandakan dengan T5.
Teks T6: Terdapat beberapa kesalahan pelanggaran etika milis yang sering dilakukan.

  • Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topic
  • Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
  • Posting ke milis padahal seharusnya japri
  • Mengirim ulang e-mail
  • Memposting topic yang tidak pada tempatnya.
Audio Musik Instrumen yang ceria
Eksternal Link - Pengertian e-mail

- Membuat e-mail account

- Etika mengirim e-mail                                                                                                          G1

- Pengertian mailing list

- Membuat mailing list

Previous Link -
Next Link -
About these ads


dwi says:

terima kasih waalaupun panjang lebar buk…
hehehe



Re3_Gatw0 says:

TERIMA KASIH. . .
tapi saya kx 9 ngerti z???
tolong diperjelaskan lebih rinci donk



dhamar aprilani says:

tolong kasih ide yang bagus dong untuk buat storyboard kampus……
please……



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: