Queer GirL











{22 November 2009}   Latihan Ngajar ^^

Standar Kompetensi  : 3. Mempraktikan keterampilan dasar komputer

Kompetensi Dasar     : 3.1 Menidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer

Kelas/Semester          : VII (tujuh)/II (dua)

Materi Pembelajaran  : Perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, alat pemroses

1. Alat input

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.

Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

  1. Keyboard

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

  1. Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.

Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.

Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.

  1. Kamera Digital

Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.

 

 

  1. Alat Pemroses
    1. CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)

CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

 

 

  1. Control Unit

Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.

• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.

• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.

• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.

 

  1. Random Access memory

Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

 

Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.

 

 

 

Model Pembelajaran :           Inquiry

Skenario Pembelajaran :

Di dalam suatu kelas saya membuat murid membentuk meja-meja menjadi melingkar agar semua murid bisa dengan mudah melihat apa yang akan terjadi di depan mereka terdapat semacam benda besar yang ditutupi kain putih dan layar besar dan juga infocus untuk mempermudah proses pembelajaran. Sebelum  pelajaran dimulai saya bertanya pada para siswa, “ Apa kalian mengetahui komponen apa saja yang membangun sebuah computer?”. Semua murid tampak terdiam dan enggan untuk mengacung sesudahnya saya melontarkan sebuah pernyataan, “ Apa tidak ada yang tahu? Jika ada yang mengetahui coba acungkan tangan”. Ternyata murid-murid masih enggan berkata apapun maka selanjutnya saya membuka penutup kain putih dari barang  yang tadinya disembunyikan tersebut. “Nah coba lihat, ini adalah seperangkat komputer yang saya maksud. Setelah melihatnya apakah sekarang kalian dapat menyebutkan komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah komputer?”. Salah seorang anak mengacung dan menjawab, “Printer, mouse dan keyboard”. “Ya bagus, bisakah kamu maju ke depan dan menunjukkan yang mana alat yang kamu sebut printer, mouse dan keyboard?”, pinta saya pada anak tersebut. Anak itu kemudian maju ke depan dan menunjukkan dengan cara memegang alat yang bentuknya kecil dan lonjong serta terdapat kabel “Ini mouse”. Kemudian dia menunjuk alat yang mempunyai tombol-tombol yang diatasnya bertulisakan huruf-huruf  dan angka-angka “ini keyboard, dan yang terdapat botol berisi tinta berwarna-warni ini printer”. Kemudian dia kembali duduk ke bangkunya. “Ya, bagus sekali Zahra, apa ada yang bisa menyebutkan nama-nama dari alat yang ada di depan selain yang telah disebutkan oleh Zahra?”. Anak yang lain bergiliran menyebutkan nama-nama alat dari komponen komputer karena saya menyebut nama-nama mereka agar saya bisa mengetahui pengetahuan mereka tentang perangkat komputer”.

Selanjutnya saya menuliskan di papan tulis pengertian dari alat input, dan pemroses.

Alat input       : Suatu alat yang bisa memasukkan data dimana Input data dimaksudkan untuk mengubah suatu data dari sumber ke dalam bentuk yang dapat diterima di dalam komputer kemudian bisa ditampilkan pada alat output.

Alat Pemroses :  Alat yang berfungsi memproses instruksi-instruksi yang berasal dari alat input, alat output, storage, maupun alat pemroses lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

”Nah, dari pengertian diatas, coba kalian tuliskan apa saja yang termasuk ke dalam alat input dan alat pemroses?”. Tanya saya yang sebelumnya saya menyiapkan sebuah meja dimana diatasnnya terdapat flash disk, harddisk, RAM, CPU, ROM. Kemudian anak-anak sibuk menuliskan apa saja yang termasuk dalam kategori alat inpput, output dan storage.

Setelah 10 menit saya menghentikan kegiatan menulis mereka dan kemudian kembali bertanya pada mereka, ”Apa diantara kalian ada yang bersedia menuliskan apa yang sudah kalian tulis di papan tulis? Diantara kalian jika ada yang mau menuliskan makan akan mendapatkan nilai tambahan”. Kemudian salah seorang murid yang memang orang tuanya terkenal mempunyai warnet maju ke depan dan menuliskan apa yang dia ketahui. ”Coba bacakan”, ujar saya meminta anak tersebut. ”Dari alat-alat yang ada, yang termasuk alat output adalah monitor lalu yang termasuk alat pemroses adalah processor”, kata anak tersebut gugup dan terbata-bata ketika menyebutkan processor. ” Ya bagus sekali Naufal, sekarang silakan duduk. Nah apa ada yang lain? Atau hanya Naufal yang berani mengajukan apa yang dia ketahui? Janganlah takut salah, karena jika kalian salahpun saya tidak akan memberikan hukuman, justru saya akan lebih memberikan rasa bangga saya pada anak yang mau mengungkapkan isi hatinya, silakan… setahu saya anak SMP sudah mampu punya pacar, apa diantara kalian lebih berani mengungkapkan isi hati pada kekasih dibandingkan maju ke depan mengungkapkan hal yang sudah barang tentu menjadi masa depan kalian”. Mendengar hal tersebut ada beberapa anak yang terkenal suka cari sensasi maju ke depan dan menuliskan apa yang dia tulis. Beberapa yang dia tuliskan jelas-jelas ngaco, seperti cd yang dia sebut alat input padahal merupakan storage dan speaker yang dia tulis sebagai alat input juga harusnya merupakan alat output. Kemudian seperti sebelumnya, saya menyebutkan nama-nama mereka dan meminta mereka untuk menuliskan hasil yang mereka ketahui dan seperempat dari murid saya menjawab salah, karena mereka diminta tidak menuliskan jawaban yang sama maka mereka bingung.

Kemudian saya menyebutkan satu-persatu nama-nama komponen yang ada dan membongkar komponen komputer tersebut menjadi bagian yang saling terpisah. Setelah itu saya kembali menyimpan satu-persatu alat yang telah dipisahkan di meja yang sebelumnya diletakkan harddisk dan lain-lain. Lalu saya menaruh semacam kertas yang  di dalamnya terdapat tulisan yang merupakan nama dari alat yang tersebut kemudian saya menyalakan laptop saya dan membuka file hardware.exe yang kemudian terlihat di layar yang menutupi papan tulis dimana setelah nama-nama komponen komputer dituliskan pula fungsi dari komponen tersebut. Setelah itu kembali saya meminta anak-anak mengidentifikasi komponen yang ada sehingga terbagi menjadi 2 kelompok yaitu alat input dan alat pemroses. Namun sebelumnya saya membagi mereka menjadi beberapa kelompok kecil sehingga mereka bisa saling berdiskusi dimana sebelumnya sayalah yang membagi kelompok mereka secara acak namun seimbang sehingga tingkat kecerdasan tersebar secara merata. Kemudian mereka berdiskusi sedangkan saya melihat kelompok masing-masing. Ada murid yang memang terlihat pasif dan hanya diam memperhatikan. Hal tersebut telah saya ketahui karena siswa yang cenderung diam ternyata memang siswa yang tidak mempunyai komputer di rumahnya. Kemudian setelah menurut saya waktunya selesai, maka saya meminta ketua kelompok mereka untuk maju ke depan dan menyampaikan apa yang telah mereka diskusikan. Hasil yang di dapat cukup baik dibandingkan di awal  pembelajaran dimana mereka kebanyakan tidak mengetahui nama dan fungsi-fungsi dari berbagai komponen komputer yang ada. Setelah semua kelompok membacakan hasilnya, kembali secara acak saya melakukan tes menanyakan kembali nama dan fungsi komponen perangkat keras yang ada dimana sebelumnya saya menutup infocus agar slide yang ada tidak ditampilkan. Setelah selesai bertanya pada semua siswa, kemudian saya kembali membuka infocus dan membuka file yang isinya berupa tulisan nama, fungsi, kategori dari berbagai komponen komputer yang ada di depan mereka. Setelah itu murid asik mencatat  hal-hal yang baru mereka lihat. Sebelum pelajaran usai saya melakukan tes secara tertulis dengan tujuan agar murid bisa melakukan identifikasi berbagai jenis perangkat keras berdasarkan fungsinya.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: